Senin, 18 Mei 2015

Inilah Peluang Usaha Pertanian 2015 yang menjanjikan

Responsive Ad
Inilah Peluang Usaha Pertanian 2015 yang menjanjikan dan pastinya akan menguntungkan - Potensi dan bisnis peluang usaha pengembangan tanaman manggis di Indonesia sangat besar, baik ditinjau dari potensi lahan, keragaman jenis, maupun dari aspek petani dan teknologi. Terdapat sekitar 100 jenis tanaman manggis yang tumbuh di Indonesia dari sekitar 400 jenis yang dijumpai di dunia. Wilayah pertumbuhan tanaman manggis di Indonesia sangat luas mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi.

Hingga saat ini sekitar 25 kabupaten tercatat sebagai penghasil dan penyumbang buah manggis untuk ekspor dan pemenuhan kebutuhan dalam negeri, dan ada beberapa daerah telah mengembangkan manggis meskipun belum tercatat sebagai penghasil buah manggis. Hal ini menggambarkan bahwa potensi lahan dan areal masih sangat besar dan dapat dikembangkan sebagai wilayah atau pusat pengembangan manggis di Indonesia.
Inilah Peluang Usaha Pertanian 2015 yang menjanjikan
Di samping daerah tersebut masih ada beberapa daerah penghasil manggis yang belum tercatat produksinya seperti : Kabupaten Mamasa Sulawesi Barat, Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat, Kabupaten Poso dan Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah yang secara agroklimat sangat sesuai untuk pengembangan tanaman manggis. Selain potensi lahan, peluang peningkatan produktivitas buah manggis di Indonesia masih sangat besar. Pada tahun 2005, tercatat produktivitas Manggis Indonesia baru 6, 27 t/ha, jika dibandingkan dengan produktivitas manggis Thailand pada tahun 2000 telah mencapai 16, 28 t/ha, hampir 3 kali lipat lebih rendah dibanding produktivitas Thailand.

Data ini juga menggambarkan bahwa potensi peningkatan produksi di Indonesia masih sangat besar. Rendahnya produktivitas manggis di Indonesia disebabkan oleh beberapa hal: sistem pembudidayaannya yang masih sangat tradisional, masih berupa tanaman pekarangan, tegalan dan hutan, umur tanaman manggis di beberapa sentra sudah tua, sistem produksi masih tergantung pada alam dan dukungan informasi teknologi masih kurang. Di sisi lain, telah tersedia beberapa bentuk teknologi yang dapat diaplikasikan ke petani.

Saat ini, Pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Hortikultura Departemen Pertanian telah bertekat menjadikan buah manggis sebagai komoditas unggulan tropis, hal ini harus di follow up oleh pemerintah daerah sebagai penentu kebijakan ditingkat daerah.

Tekat pemerintah pusat tercermin pada telah ditetapkannya road map pengembangan tanaman manggis yang disertai dengan kebijakan dengan menetapkan arah dan pola pengembangan tanaman manggis yang jelas dan didukung oleh pembinaan sumberdaya manusia baik petani sebagai pelaku utama maupun aparat sebagai penunjang.

Jika memang Anda bergelut dalam bidang pertanian dan belum pernah mencoba usaha tersebut, mulaikan merencanakan "Peluang Usaha Pertanian 2015 yang menjanjikan" di atas.
Responsive Ad